Integrasi Antar Aplikasi Office: Mail Merge

Halo semuanya apa kabar?👋

Kali ini kita akan membahas tentang materi Integrasi Antar Aplikasi Office: Mail Merge

Langsung aja yuk ke pembahasannya!


-MAIL MERGE ada yang menyebutnya sebagai surat gabung dan ada juga yang menyebutnya sebagai surat masal. 

🌻Kenapa sih bisa disebut surat gabung?

Jawabannya karena menggabungkan dua aplikasi sehingga aplikasi utama dapat mengambil data dari aplikasi sumber. Misalnya dari Ms. Word mengambil data pada Ms. Excel. 

🌻Kenapa juga sih bisa disebut sebagai surat masal?

Jawabannya karena biasanya MAIL MERGE ini digunakan untuk mengirim surat atau berkas ke banyak orang dengan menggunakan template yang sama namun berbeda informasi datanya. 

Mau tau lebih jelasnya lagi? Oke aku kasih tau nih ya!!

*Contohnya, di Ms. Word terdapat surat pengantar dengan lampiran laporan nilai matrikulasi yang akan segera dikirimkan kepada orang tua/wali murid yang bersangkutan.  

Dan sedangkan di Ms. Excel terdapat database semua nilai siswa yang akan digabungkan dalam surat yang sudah terdapat pada Ms. Word. 

Nah, gimana sih cara menggabungkannya?

1.) Kalian klik menu Mailings yang ada diatas 

2.) Lalu kalian klik Latters 

3.) Dan klik Sellect Recipients 
      Lalu akan terdapat 3 pilihan:

• Type A New List: mengetik data secara manual 

• Chose From Outlook Contacts: mengambil data yang terdapat di kontak outlook

• Use An Existing List: mengambil data melalui file



Karena disini kita sudah memiliki data dari Ms. Excel maka kita pilih yang Use An Existing List.  


1.) Klik file

2.) Pilih data Ms. Excel 

3.) Lalu klik Ok

4.) Setelah itu klik Insert Merge Field 

5.) Dan klik sesuai data seperti nama, kelas dan seterusnya hingga selesai. 

6.) Periksa kembali apakah surat sudah tergabung

7.) Lalu klik Priview Result 

8.) Pada bagian atas akan terdapat tombol navigasi yang dapat digunakan untuk melihat hasil data-data yang sebelumnya terdapat di database Ms. Excel. 

9.) Rapikan File, Font dll sesuai keinginan

10.) Jika sudah selesai semua, klik Finish&Merge. 

11.) Lalu pilih sesuai kebutuhan seperti edit, print dan mengirim ke e-mail




Sekian materi yang dapat saya sampaikan. 



Komentar